iklan

4 KPM Desa Sekotong Tengah, Mundur Sukarela Dari PKH.Ini Faktor Penyebabnya..



Kimsekotong.com,-4 Agustus 2020-
Salah satu peran Pekerja Sosial adalah sebagai enabler atau pemungkin.
Pendamping Sosial Kecamatan Sekotong didampingi oleh Pekerja Sosial Supervisor Kabupaten Lombok Barat,melakukan perannya sebagai enabler atau pemungkin untuk memberikan dorongan kekuatan personal kepada KPM PKH.Hal tersebut bertujuan agar para KPM PKH dapat memiliki usaha untuk perubahan terhadap dirinya sendiri. 

"Strategi-strategi khusus untuk mencapai tujuan tersebut meliputi, pemberian harapan, pengurangan penolakan dan ambivalensi, pengakuan dan pengaturan perasaan-perasaan, pengidentifikasian dan pendorongan kekuatan-kekuatan personal dan asset-asset sosial,"ungkap Rusman,S.Pd,pendamping PKH Desa Sekotong Tengah. 

Dengan menjalankan salah satu peran dalam Pekerjaan Sosial tersebut, Pendamping Sosial Kecamatan Sekotong dan Pekerja Sosial SPV, berhasil merubah pola pikir atau mind set dari KPM PKH Kecamatan Sekotong.

Dengan berbagai upaya yang di lakukan tersebut, sebanyak 4 KPM Kecamatan Sekotong secara sukarela mundur dari kepesertaan PKH.

"SDM PKH Kabupaten Lombok Barat harus dapat terus menjalankan perannya untuk pemberdayaan dan kesejahteraan seluruh KPM PKH. Agar Keluarga Pra Sejahtera yang saat ini menjadi peserta PKH dapat menolong dirinya sendiri sehingga dapat berfungsi sosial lagi,"jelas Iwan Suryadi,S.Tr,Sos.

Bertempat di Dusun Loang Batu Desa Sekotong Tengah, Kecamatan Sekotong.Di hadapan  Kepala Dusun,anggota BPD Sekotong Tengah dan SDM PKH Kecamatan Sekotong, 4 KPM PKH secara sukarela mundur dari kepesertaan PKH.

Ke empat KPM PKH ini merasa malu dan merasa sudah tidak layak lagi menerima bantuan sosial. Karena secara ekonomi,mereka merasa sudah sangat mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya.

Sinep , salah satu mantan KPM  yang mundur dari kepesertaan PKH mengatakan bahwa salah satu alasannya mundur adalah berkat dorongan dari Pendamping Kecamatan. 


"Saya diberikan dorongan yang kuat untuk terus maju dan sadar akan kemampuan saya.Saat ini saya merasa banyak orang yang lebih layak mendapatkan bantuan daripada saya,"ungkapnya kepada KIM Sekotong.(sid).

Belum ada Komentar untuk "4 KPM Desa Sekotong Tengah, Mundur Sukarela Dari PKH.Ini Faktor Penyebabnya.. "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel