KCD Dikbud Malomba:Jadikan Musholla Sekolah Sebagai Laboratorium Imtaq. -->

KCD Dikbud Malomba:Jadikan Musholla Sekolah Sebagai Laboratorium Imtaq.

Kim Sekotong
Jumat, 28 Agustus 2020

KCD Dikbud Mataram-Lombok Barat,Drs.Sahnan,M.Pd.


Kimsekotong.com,-Kepala Cabang Dinas (KCD) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Mataram dan Lombok Barat,
Drs.Sahnan,M.Pd,menyampaikan tentang pentingnya sekolah memiliki musholla atau sarana ibadah sebagai sarana membentuk mental dan akhlakul karimah warga sekolah.

"Saya berkeyakinan jika tidak mulai di gagas dan diwujudkan,Musholla sebagai salah satu sarana yang berfungsi sebagai  Laboratorium Imtaq guna penanaman akhlakul karimah,maka sampai kapanpun tidak akan  bisa terwujud,"tegas KCD Dikbud Malomba, ketika memberikan sambutan pada acara peletakan batu pertama Musholla Maulana Syaikh SMKN 2 Sekotong Desa Pelangan Kec.Sekotong Kab.Lombok Barat. Jum'at (27/08/2020).

Selanjutnya dalam kata sambutannya mewakili Kadis Dikbud NTB tersebut, Ia menerangkan  terkait bagaimana Kepala Sekolah dan Guru serta tenaga kependidikan,bisa merancang dan melaksanakan program pendidikan yang mengacu pada UUD Sisdiknas No 20 Tahun 2003.

Dimana dalam UU tersebut dimuat tentang tujuan pendidikan nasional yang berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain itu,pendidikan bertujuan juga untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

"Kita semua sebagai guru dan warga sekolah,harus memahami apa yang menjadi tujuan dari pendidikan nasional.Program untuk meningkatkan Iman dan Taqwa sudah sangat tepat dengan menyediakan sarana ibadah seperti Musholla Maulana Syaikh ini,"ujarnya.

"Demikian juga untuk peningkatan Akhlakul karimah, kesecerdasan dan sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri harus disiapkan program yang relevan. Terlebih SMK harus mampu mencetak tamatan yang memiliki keterampilan sesuai kompetensi keahliannya,"sambungnya. 

Terakhir Ia berpesan bahwa sekolah sebagai garda terdepan memperkuat dan mengawal tujuan pendidikan nasional yakni:Menciptakan generasi bangsa yg beriman kepada Tuhan yang Maha Esa, serta mampu mencetak generasi yg memiliki skill/keterampilan dan berilmu pengetahuan, serta mencetak generasi yang cerdas, mandiri, dan berdaya saing. 

Kegiatan Peletakan Batu Pertama Musholla Maulana Syaikh SMKN 2 Sekotong dilaksanakan pada pukul 08.30 wita.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala KCD Dikbud Lombok Barat dan Mataram, Ketua Komite, Kepala Desa Pelangan, Penghulu, Tokoh Agama dan Masyarakat sekitar, juga hadir Plt. Kepala SMKN 1 Sekotong dan PTK serta peserta didik SMKN 2 Sekotong.

Pada sambutan sebelumnya juga di sampaikan oleh Kepala Sekolah SMKN 2 Sekotong.Pada inti sambutannya yakni mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga terlaksana kegiatan tersebut.

Setelah acara Doa,KCD Malomba bersama Kepala Sekolah, Ketua Komite dan Kades Pelangan langsung melakukan prosesi peletakan Batu pertama sesuai dengan tempat yang sudah ditentukan.

Sebelum meninggalkan lokasi kegiatan,terlebih dahulu KCD Dikbud Malomba menyerahan ratusan masker warna merah putih kepada perwakilan Kepala Desa Pelangan. Hal tersebut sebagai wujud kepedulian dunia pendidikan agar tetap waspada dalam pencegahan dan memutus rantai penyebaran Covid 19.

Sekitar pukul 11.15 wita, KCD Dikbud Malomba meninggalkan SMKN 2 Sekotong, kembali ke Kantor Cabang Dinas di Mataram. Namun sebelum meninggalkan Sekotong, Drs.Sahnan, M.Pd, berkenan mampir ke SMKN 1 Sekotong untuk meninjau langsung kegiatan Pembangunan RPS NKPI dan TBSM.Saat meninjau Ia di dampingi Plt. Kasek SMKN 1 Sekotong, Sulman Haris, M.Pd.I dan Ketua P2S DAK 2020, Suwardi, S.Pd. dan Tim Manajemen SMKN 1 Sekotong.

Pada kesempatan tersebut,KCD Dikbud juga memberikan motivasi kepada PTK SMKN 1 Sekotong untuk tetap solid dalam melaksanakan tugas. 

"Kerjakan dengan baik,jika ada hal-hal yang belum di fahami agar dikomunikasikan dan dipecahkan bersama,"demikian Drs.Sahnan berpesan.
"Insya Allah SMKN 1 Sekotong segera menyusul untuk rencana pembangunan Musholla ASMAUL HUSNA SMKN 1 Sekotong,"kata Plt.Kasek SMKN 1 Sekotong,Sulman Haris,M.Pdi.(sid).