Kata Para Penyelam,Terumbu Karang Bisa Menduniakan Sekotong. -->

Kata Para Penyelam,Terumbu Karang Bisa Menduniakan Sekotong.

Kim Sekotong
Minggu, 16 Agustus 2020


Kimsekotong.com,-Para penyelam yang tergabung dalam Komunitas Penyelam Nusa Tenggara Barat (Kapela NTB ) berdasarkan hasil pengamatan bawah laut terhadap terumbu karang di perairan Lombok Barat,khususnya Kecamatan Sekotong.Para penyelam tersebut mengatakan bahwa terumbu karang memiliki potensi besar untuk di jadikan objek wisata bahari. 


"Saya pernah mengatakan bahwa Sekotong ini merupakan raksasa yang sedang tertidur.Semua potensi wisata bahari ada di Sekotong,terutama terumbu karangnya yang indah,"kata Ikhwan Jailani,salah seorang penyelam. 


Menurut jailani,terumbu karang tersebar di hampir semua perairan laut yang ada di sekotong.Terutama yang berada di Kawasan TWP Gita Nada (Gili Tangkong,Gili Nanggu Dan Gili Sudak) yang lebih dulu terkenal.
Selain di TWP Gita Nada,terumbu karang yang Indah juga terdapat di gili gede,gili goleng,gili layar,gili rengit dan puluhan gili lainnya.


Hanya saja,menurut dia,keberadaan terumbu karang tersebut kurang terjaga sehingga mengalami kerusakan.
Namun dengan berbagai upaya transplantasi terumbu karang yang di lakukan oleh para pegiat lingkungan,
terumbu karang tersebut berhasil di selamatkan. 


"Melalui kerjasama dengan berbagai pihak,kerusakan terumbu karang dapat di perbaiki melalui transplantasi,"jelas ihkwan


Senada dengan ikhwan,Sugianur,Kasi Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB mengatakan bahwa potensi terumbu karang di perairan Lombok Barat sangat beragam. 


"Dapat kami sebutkan bahwa potensi terumbu karang di perairan Lombok barat memiliki keaneka ragaman dan Indah,"akunya saat mengikuti kegiatan transparansi terumbu karang di Gili Goleng Desa Batu Putih Kec.Sekotong.Sabtu (15/08/2020).
Salah satu kelompok masyarakat yang aktif menjaga kelestarian alam bawah laut di Kecamatan Sekotong adalah Pokmaswas Deep Blue Sea,
Umar Dhani,salah seorang pengurus yayasan ini mengharapkan agar setiap orang menjaga ekosistem bawah laut terutama terumbu karang. 


"Cintai dan jaga alam,sebagai warisan untuk anak cucu kita kelak,"tulis Umar Dani melalui akun media sosialnya.(sid).