Dikbud NTB Gelar Apel Bendera Di Gili,Kepala SMKN 1 Sekotong Merasa Bangga Dan Kagum. -->

Dikbud NTB Gelar Apel Bendera Di Gili,Kepala SMKN 1 Sekotong Merasa Bangga Dan Kagum.

Kim Sekotong
Selasa, 18 Agustus 2020


Upacara bendera HUT RI Ke 75 tahun di laksanakan di tengah laut oleh Dikbud Provinsi NTB. 


Kimsekotong.com-Pada upacara bendera peringatan hari kemerdekaan RI Ke 75 Tahun yang jatuh pada Hari Senin 17 Agustus 2020. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB melaksanakan upacara pengibaran bendera di antara Gili Sudak dan Gili Kendis Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.

Upacara pengibaran bendera HUT RI di tengah laut tersebut,pertama kali di lakukan dengan melibatkan SMK Core kemaritiman di Lombok Barat.

Para peserta upacara terdiri dari sekitar 150 orang.Di antaranya jajaran Kabid Dikbud Provinsi NTB yaitu Kabid SMA, Kabid Kebudayaan, Kabid GTK, Kabid SLB, Kepala Balai, serta staf dan jajarannya. Sementara peserta lainnya yang terdiri dari KCD beserta staf dan beberapa Kepala SMK dan SMK

Peserta upacara yang lain ada di 10 Kapal Nelayan yang di isi oleh 14 Kepala SMA SMK yang berada di Kabupaten Lombok Barat dengan melibatkan masing masing sekolah sebanyak 7 orang terdiri dari Peserta Didik dan Guru ditambah masyarakat dari unsur nelayan.

Peserta lain juga dari KPLP dengan kapal No Lambung 345 dengan sekitar 20 Personil dari Sahbandar Lembar ditambah lagi beberapa kapal patroli milik Angkatan Laut ikut ambil bagian dalam upacara.

Bertindak selaku Inspektur upacara adalah Kadis Dikbud NTB,Dr. H. Aidy Purqon, M.Pd, dan menjadi komandan upacara adalah Kepala Cabang Dinas Dikbud Lobar dan Mataram,Drs H. Sahnan, M.Pd.
Sementara itu,perwira upacara Kepala SMKN 1 Sekotong, Sulman Haris, M.Pd.I.
Sedangkan petugas upacara dan petugas pengibar bendera berasal dari siswa  SMKN 1 Lembar.

Pelaksanaan upacara bendera berlangsung hidmat, setelah Inspiktur upacara membaca Teks Proklamsi,Ia dalam sambutannya  menyampaikan terkait semangat HUT RI ke 75 ini dijadikan momentum untuk dunia pendidikan agar tetap kuat dan istiqomah untuk berjuang menjadikan Pendidikan di NTB yang membanggakan menuju NTB Gemilang.

"Ujian di masa pandemi tidak menyurutkan kita untuk berbuat yang terbaik dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan,"kata Inspektur upacara.
Tak lupa juga berpesan kepada jajaran pendidikan di NTB.

"Teruslah membangun dan menghadirkan karya karya nyata para putra putri terbaik NTB,untuk mempersembahkan ke negeri tercinta,"ungkapnya berapi api.

Di pilihnya gili gili yang ada di perairan sekotong sebagai tempat upacara pengibaran bendera HUT RI Ke 75 Tahun,meninggalkan kesan bangga dan kagum dari para guru dan masyarakat sekotong.

"Kami merasa sangat bangga dan kagum, dan ini memang merupakan cita-cita kami agar SMK yang ada di sekotong,apapun namanya,di perhitungkan oleh Dikbud Provinsi NTB,"ungkap Plt.Kepala SMKN 1 Sekotong,Sulman Haris,M.Pdi,ketika di konfirmasi usai apel bendera.

Sulman Haris juga mengatakan bahwa dengan adanya acara tersebut,menyiratkan dukungan besar Dikbud NTB terhadap perkembangan sekotong.

"Kami menangkap dengan upacara bendera di tengah laut sekotong tersebut menandakan adanya dukungan moril,dukungan fisik all out Dikbud Provinsi NTB untuk memperkenalkan sekotong mendunia,"tambahnya lagi.

Dengan adanya dukungan Dikbud NTB tersebut,Sulman Haris yang juga ketua AGPAII NTB (Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam) ini akan berusaha menjadikan SMK Kemaritiman di Sekotong sebagai Cor Kemaritiman terbaik.

Selain itu, pada perayaan HUT NTB bulan desember mendatang,ia berencana mengajak para penyelam dan paralayang di NTB untuk mengibarkan bendera NTB di gili gili lainnya di sekotong.

"Kami akan terus berjuang dengan sekuat tenaga agar bagaimana sekotong ini yang merupakan salah satu aset bangsa agar harus lebih di kembangkan,"harap Sulman Haris.(sid).