Camat Dan Kades Sekotong Tengah,Panen Sayur Hidroponik Di YPP.Darul Qur'an Wal Hadist. -->

Camat Dan Kades Sekotong Tengah,Panen Sayur Hidroponik Di YPP.Darul Qur'an Wal Hadist.

Kim Sekotong
Jumat, 14 Agustus 2020


Kimsekotong.com,- Jum'at 14 Agustus 2020-Camat Sekotong dan Kepala Desa Sekotong Tengah beserta jajarannya menghadiri panen sayur hidroponik yang di kelola oleh Yayasan Pondok Pesantren Darul Qur'an Wal Hadist Dusun Telaga Lebur. 


Panen sayuran  berupa  salada,sawi dan kangkung tersebut di tanam dengan sistem hidroponik oleh  Mustafa Ismail Ali,salah seorang pengurus yayasan Darul Qur'an Wal Hadist.


"Sayuran yang kami tanam dengan sistem hidroponik ini,tidak menggunakan pestisida dan serta tidak menggunakan media tanah,melainkan media air yang telah di larutkan nutrisi,"jelas Mustafa.
Mustafa juga menyebutkan,bahwa sistem hidroponik yang ia kelola masih dalam tahap percobaan.


"Untuk panen kali ini merupakan panen yang kedua kalinya,dan insya allah akan terus kami kembangkan,"akunya kembali. 


Dengan bertani sayur secara hidroponik,Mustafa berupaya untuk menyediakan sayuran sehat yang bebas dari penggunaan pestisida.

"Kami berupaya untuk tidak menggunkan pestisida sama sekali,"ungkapnya. 


Pada kesempatan tersebut,Camat Sekotong,Lalu Pardita Utama,SE,
Memberikan apresiasi serta mendorong agar pertanian sayuran dengan sistem hidroponik terus di kembangkan. 


"Semoga menanam sayur dengan sistem hidroponik ini mejadi alternatif usaha masyarakat untuk memperkuat ketahanan pangan di masa pandemi covid 19,"harap Camat Sekotong.


Meski tergolong baru di kembangkan di Kecamatan Sekotong,sistem hidroponik yang di kembangkan di YPP.Darul Qur'an Wal Hadist telah memiliki sarana yang memadai.
Terdapat beberapa pipa paralon sebagai media tanam dengan jumlah lubang tanam sekitar 800 lubang. 


Untuk jenis sayuran yang di kembangkan masih berupa sawi,salada dan kangkung.Sedangkan untuk sistem pemasaran masih di lakukan secara langsung yakni di jual di pasar sekotong dan juga petik langsung di lokasi hidroponik.
Untuk harga se ikat sayur sawi maupun salada di jual dengan harga 5000/ikat. 


Menanggapi kreatifitas warga desanya tersebut,Kepala Desa Sekotong Tengah,Lalu Sarappudin,berencana mengembangkan sistem hidroponik di Posyandu yang ada di Desa Sekotong Tengah. 


"Insya allah nanti kita akan undang pengelola hidroponik ini untuk memberikan pelatihan tentang sistem hidroponik,"kata Lalu Sarappudin.(sid).