Pendamping PKH Sekotong,Edukasi KPM PKH Terkait Protokol Covid 19 Menuju Kampung Sehat. -->

Pendamping PKH Sekotong,Edukasi KPM PKH Terkait Protokol Covid 19 Menuju Kampung Sehat.

Kim Sekotong
Selasa, 07 Juli 2020

Kegiatan Sekolah PKH di lakukan oleh para pendamping PKH Di Kecamatan Sekotong Kab.Lombok Barat. 


Kimsekotong.com
.- Berbagai upaya di lakukan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai covid 19.
Kegiatan kegiatan edukasi masyarakat terkait pentingnya penerapan protokol kesehatan di berbagai bidang,di lakukan oleh instansi pemerintah maupun swasta.
Seperti yang di lakukan oleh para pendamping Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. 

Melalui program FDS (Family Deplopment Session) atau yang lebih mudah di ucapkan dengan nama sekolah PKH.Melalui kegiatan ini,para pendamping PKH di Kecamatan Sekotong berkeliling dari dusun ke dusun untuk menjalankan program yang di perintahkan oleh negara tersebut,kepada setiap penerima PKH. 

"P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga ) atau FDS adalah kewajiban bagi peserta PKH untuk negara.Dan negara berkewajiban untuk memberikan dan  memenuhi haknya KPM PKH.Dalam rangka lomba kampung sehat di Desa Sekotong Tengah,Cendi Manik dan Sekotong Barat,kami SDM PKH mendukung penuh lomba kampung sehat tersebut,"kata Rusman,S.Pd,Pendamping PKH Desa Sekotong Tengah ketika melaksanakan kegiatan sekolah PKH di Dusun Gunung Anyar.Selasa (7/7/2020).

Lebih jauh,Rusman mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan di masa new normal covid 19.

"Kami mulai dari mengedukasi ibu KPM PKH tentang kesehatan dan gizi. Seperti  PHBS guna mengahadapi new normal serta NTB (Turut Tatanan Baru),"ucap pendamping PKH yang juga ketua karang taruna Desa Taman Baru ini. 

Kegiatan FDS di Dusun Gunung Anyar, dihadiri oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Sekotong,bagian perawat  dan gizi serta Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Sekotong Tengah.

Di tempat terpisah,kegiatan serupa di lakukan oleh Pendamping PKH Desa Cendi Manik,Ramli,S.Pd,yakni di Dusun Empol. 

Ketua Korcam PKH Kec.Sekotong,
Sopian Hadi,S.Pd,menyebutkan bahwa Sekolah PKH tersebut akan di lakukan di semua dusun di Kecamatan Sekotong, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan demi terciptanya Kampung Sehat. 

"Kami sudah menerima perintah dari kabupaten dalam rangka mendukung kampung sehat, dengan cara melaksanakan sekolah PKH / FDS dengan menyampaikan materi kesehatan dan gizi.Dan Alhamdulillah,rekan-rekan pendamping PKH sedang melaksanakan kegiatan tersebut,  tentunya dengan protokol kesehatan,"jelas Sopian melalui pesan singkatnya. 

Secara lebih jauh,program kegiatan sekolah PKH meliputi berbagai kegiatan edukasi masyarakat terkait dengan bimbingan bagaimana menjadi orang tua yang lebih baik,pendidikan usia anak,sanitisai dan higinitas,perlindungan anak,anak putus sekolah,program 1000 hari kehidupan dan penyandang disabilitas.(sid).