Minyak Jelengan Sekotong,Juga Ada Di JPS NTB Gemilang Tahap 3. -->

Minyak Jelengan Sekotong,Juga Ada Di JPS NTB Gemilang Tahap 3.

Kim Sekotong
Kamis, 16 Juli 2020



Kimsekotong.com,- Salah satu item pada bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) NTB Gemilang Provinsi NTB, adalah minyak goreng.

Minyak yang di berikan tersebut ternyata bukan minyak goreng produk pabrik seperti Bimoli,Tropical,dll,melainkan minyak goreng kelapa murni,atau biasa di sebut oleh masyarakat Pulau Lombok sebagai "minyak goreng jelengan"atau"minyak jeleng".

Usut punya usut,ternyata minyak goreng tersebut,di produksi oleh salah satu IMKM yang ada di Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.


Melalui Dinas Koperasi dan UMKM Lobar,minya goreng produksi para ibu rumah tangga ini,dapat di serap oleh pemerintah melalui JPS NTB Gemilang.

Adalah Inak Ami (50 tahun), bersama sekitar 4 orang ibu ibu rumah tangga di Dusun Sekotong 2,telah lama memproduksi minyak jelengan sebagai usaha sehari hari.

"Ibu saya telah lama memproduksi dan juga menjual minyak jelengan di pasar,dan juga kepada para tetangga," kata Imam Hanafi,S.Kom,anak dari Inak Ami,menceritakan usaha ibunya tersebut.

Imam juga menuturkan,bahwa minyak jelengan usaha ibunya di proses secara manual,dan tanpa menggunakan bahan pengawet.Selain itu,kelapa yang di gunakan di beli langsung dari para petani yang ada di Kecamatan Sekotong. 

"Selain di buat minyak jelengan,kelapa tersebut juga di jual hingga ke luar Pulau Lombok,"tutur pemuda yang juga merupakan Ketua Karang Taruna Desa Sekotong Tengah ini.


Terkait dengan jumlah produksi,Imam Hanafi menuturkan,tergantung permintaan.

"Tergantung permintaan,kalau permintaan banyak bisa sampai 200 liter sehari,"tutur imam.

Minyak jelengan menurut para ibu rumah tangga,memiliki berbagai kelebihan di bandingkan minyak goreng lainnya.
Selain baunya yang harum ketika di gunakan untuk menggoreng,juga rasa masakan yang lebih nikmat.(sid).