Memuliakan Sosok Ibu,Alasan Utama Lalu Anton Hariawan,Beri Bantuan Hukum Gratis Kepada Inak Kalsum. -->

Memuliakan Sosok Ibu,Alasan Utama Lalu Anton Hariawan,Beri Bantuan Hukum Gratis Kepada Inak Kalsum.

Kim Sekotong
Selasa, 07 Juli 2020


Lalu Anton Hariawan (Tengah),ketika mendampingi Inak Kalsum. 

Kimsekotong.com,-Kasus seorang anak M (40 th) yang melaporkan ibu kandungnya sendiri K (60 th)  ke Polres Lombok Tengah dan Polda NTB gara gara sepeda motor,menjadi topik utama di berbagai media lokal dan nasional.

Namun kasus tersebut sempat di tolak Kasatreskrim Lombok Tengah,AKP Priyo Suhartono.Hingga Kemudian Pelapor  hendak melanjutkan laporannya Ke Polda NTB. 

Kasus yang di nilai tidak wajar tersebut,
mendapat tanggapan tak simpatik dari para netizen di berbagai media sosial.Selain itu, adanya respon dari salah satu Kantor advokat di NTB,yakni Lalu Anton Hariawan&partner. 

Kantor Advokat yang beralamatkan di Mataram ini, bersedia memberikan pendampingan hukum secara gratis kepada  Inak Kalsum,perempuan renta yang di laporkan oleh anak kandungnya sendiri. 

Siapakah sosok Advokat muda yang rela pasang badan mengawal kasus Inak Kalsum?.Dan apa alasan utama sang lawyer siap bertempur  membelanya?. 

"Sebenarnya begini,pas kejadian viral tersebut,kebetulan hari itu saya berada di Polres Lombok Tengah.Salah satu adik dari Inak Kalsum ini saya kenal baik.Bahkan dengan Kasatreskrim Polres Lombok Tengah,merupakan teman satu kelas di Jurusan Magister Hukum Unram,"ucapnya mengawali perbincangan. 

"Awalnya ketika di mediasi,saya kira si Mahsun ini akan sadar dan insyaf.Karena waktu di mediasi, Mahsunm engatakan,
bahwa dia tidak akan mengulangi perbuatannya lagi,"tutur Lalu Anton Hariawan,SH,MH,Lawyer pada Kantor Advokat Lalu Anton Hariawan&partner,
menceritakan kronologi kejadian di laporkannya Ibu Kalsum.

"Tetapi kemudian muncul lagi,bahkan Mahsun berniat melaporkan ibunya ke Polda NTB.Dan berita itu sampai ke telinga keluarga Inak Kalsum,"ungkapnya.
"Dan pada saat itu,"lanjut Anton, "Keluarga Inak Kalsum mengontak kantor advokat kami,"jelas lawyer muda yang bercita cita jadi pengacara sejak masa sekolah dasar. 

Selain karena di mintai bantuan oleh temannya,Lalu Anton Hariawan juga mengatakan,bahwa secara naluriah, sebagai seorang anak yang begitu menghormati sosok ibu, dirinya merasa terpanggil untuk mendampingi Inak Kalsum. 

"Secara naluriah,saat saya lihat di sana seorang anak berkata kata yang tidak wajar kepada ibunya.SedangkanSaya ini berprinsip,untuk menjadikan ibu saya adalah Raja.Alhamdulillah,karir saya seperti saat ini adalah karena do'a ibu saya,"Kata putra pertama pasangan L.Abdullah Asban Toha dan Raisah ini.Ketika di temui di rumahnya di Dusun Sekotong 2 Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat.Senin (06/07/2020).

"Jadinya saya bilang kepada keluarga Inak Kalsum,kami akan memberikan pendampingan hukum secara gratis, baik secara perdata maupun pidana.Mari kita bertempur,kata saya waktu itu,"tegas lawyer muda kelahiran 24 September 1986.

Terhadap apa yang di lakukan oleh Kantor Advokat Anton Hariawan&partner tersebut,ada pula pihak-pihak yang menanggapi secara negatif. 

"Terkadang orang berfikir negatif, kemudian mengatakan,"Ah,ini hanya untuk mengejar popularitas.Mengapa tidak di damaikan saja?.Kami tidak tahu kalau kasus ini akan viral.Sekali lagi kami betul-betul tidak tahu.Dan kantor advokat kami juga sering melakukan pendampingan hukum secara gratis,"tandas alumni SMPN 1 Sekotong tersebut. 
"Tetapi Alhamdulillah,lebih banyak yang menanggapi positif,"ujar Lalu Anton. 
Kepada yang berfikir negatif,ia mengatakan bahwa mereka belum memahami,apa yang di alami oleh Inak Kalsum.

Saat di tanya bagaimana perasaannya ketika memberikan pendampingan hukum secara gratis kepada orang-orang kecil dan tidak mampu,Anton Hariawan,menjawab:

"Saya yakin ya,rezeki di titipkan oleh Allah SWT melalui tangan orang lain.Saya yakin betul akan hal itu,"jawab pengidola Adnan Buyung Nasution dan Yusril Ihza Mahendra ini. 
Lalu Anton bersama kedua orang tuanya yang tinggal di sekotong. 
Di akhir perbincangan,karena waktu telah beranjak menuju pukul 22:00 Wita.Kim sekotong mengajukan sebuah pertanyaan tentang bagaimana sosok seorang ibu dalam pandangannya. 

"Jadikan ibumu Ratu atau Raja,maka rizkimu akan seperti raja-raja,percayalah akan hal itu ,"pesan sosok ayah beranak satu yang mengidolakan TGB.Zainul Majdi ini.(sid).