iklan

Kader Jumantik Sekotong,Siap Sukseskan Lomba Kampung Sehat.

Kader Jumantik Desa Sekotong Barat,siap membasmi jentik nyamuk demi desa sehat di masa covid 19.

Kimsekotong.com,- Dalam mendukung dan mensukseskan Lomba Kampung Sehat 2020,yang diikuti beberapa Desa di Kecamatan Sekotong,yaitu Desa Cendi Manik, Desa Sekotong Tengah dan Desa Sekotong Barat.

Ketiga desa tersebut telah lama mempersiapkan diri serta berinisiatif melakukan gerakkan pemberdayaan masyarakat.Salah satunya adalah dengan melibatkan kader- kader tangguh Jumantik (Juru Pemantau Jentik) nyamuk di masing masing desa.
Kader Jumantik Desa Sekotong Tengah

Dalam kegiatannya lomba kampung sehat ini,para kader  jumantik dijadikan sebagai garda terdepan dalam merencanakan gerakan serentak survey jentik nyamuk.

Survey ini dilakukan dalam upaya mencegah berkembang biaknya nyamuk yang dapat menyebabkan gejala demam berdarah.Selain itu juga bertugas mengedukasi masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dilingkungan rumah tangganya,serta menerapkan protokol kesehatan Covid 19.
Posko Covid 19 Desa Sekotong Barat. 

Salah satu desa di sekotong yang kader jumantiknya telah siap di terjunkan adalah Desa Sekotong Barat dan Desa Sekotong Tengah.Peran para kader jumantik di Desa Sekotong Barat sangat penting dalam mewujudkan masyarakat yang sehat.

Karena hal tersebut,Kepala Puskesmas Pelangan,Ners Zulqutbi, S.Kep,yang salah satu desa binaannya adalah Desa Sekotong Barat, menjelaskan bahwa kasus DBD di Desa Sekotong Barat mamang sering terjadi dan menyebabkan penularan ke beberapa orang.

Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan yaitu bebas jentik nyamuk melalui gerakan 3M plus yang digerakkan oleh kader kader tangguh jumantik.

"Kader jumantik juga dapat dilibatkan sebagai relawan patroli wajib area masker,dan mengontrol masyarakat yang tidak mengikuti protokol kesehatan di tempat tempat umum, salah satunya pasar,"ucap Kapuskesmas Pelangan.
Masyarakat secara swadaya melakukan penyemprotan disinfektan di rumah masing-masing.

Pembina kader jumantik Desa Sekotong Barat, Ns. Uswatun Hasanah, S.Kep,turut menjelaskan. "Kader jumantik rutin kami bina dalam upaya menurunkan angka bebas jentik nyamuk. Dimasa transisi new normal ini,tidak menurunkan semangat juang dalam mendukung kegiatan kampung sehat.Tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan, dan sebagai contoh taat mengikuti aturan protokol kesehatan,"ungkapnya.
Kepala Puskesmas Sekotong,drg.I Nyoman Adnyana Putra. 

Sementara itu,di Desa Sekotong Tengah dan Desa Cendi Manik yang merupakan desa binaan Puskesmas Sekotong,kader jumantik juga telah di siagakan.
Gerakan kader-kader  Jumantik kiranya dapat dijadikan sebagai inovasi pendukung kampung sehat di Kecamatan Sekotong.
Para kader Jumantik yang sudah dibentuk sebelumnya oleh desa dan dibina oleh Puskesmas.Harapannya agar para kader selalu siap sebagai garda pendukung kampung sehat.
Kader Jumantik Keluarga Sekotong Tengah rutin memantau jentik nyamuk di bak penampung air. 

"Kita di PKM Sekotong ada yang namanya Jumantik Keluarga.Dimana Setiap keluarga,ada 1 orang anggota keluarganya menjadi jumantik atau juru pantau jentik,"jelas Kapuskesmas Sekotong,drg.I Nyoman Adnyana Putra,saat di hubungi melalui pesan singkatnya.
Jum'at(03/07/2020).

Jumantik keluarga,menurut dokter nyoman,tugasnya disamping memantau jentik nyamuk juga melaporkan hasil pemantauannya ke kader atau PKM,serta menjadi penggerak pemberantasan sarang nyamuk di keluarga masing-masing.
Selain jumantik keluarga,pihak Puskesmas juga telah membentuk Jumantik Sekolah.
Fogging sarang nyamuk oleh Tim Jumantik Sekotong Tengah. 

"Intinya Jumantik keluarga ini adalah untuk menggerakkan kemandirian masyarakat dibidang kesehatan, khususnya untuk memberantas sarang nyamuk,baik nyamuk malaria maupun nyamuk deman berdarah,"terang Nyoman Adnyana Putra,Kepada KIM.(sid).



Belum ada Komentar untuk "Kader Jumantik Sekotong,Siap Sukseskan Lomba Kampung Sehat. "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel