Wisuda Perdana Paud Bina Bangsa Dusun Lemer,Kades Buwun Mas Anggarkan APE Lewat DD. -->

Wisuda Perdana Paud Bina Bangsa Dusun Lemer,Kades Buwun Mas Anggarkan APE Lewat DD.

Kim Sekotong
Rabu, 24 Juni 2020

Acara wisuda perdana Paud Bina Bangsa Dusun Lemer Desa Buwun Mas Kec.Sekotong Kab.Lombok Barat.Rabu (24/06/2020).


Kimsekotong.com,-Acara wisuda atau Pelepasan Peserta Didik Paud Bina Bangsa Dusun Lemer Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat berlangsung meriah.Rabu,24/06/2020.

Pasalnya untuk pertama kali kegiatan penyematan tali toga kepada para peserta didik tersebut, dilaksanakan setelah memasuki masa New Normal. 


Acara wisuda di selenggarakan di rumah ketua pengelola Paud Bina Bangsa yang setiap harinya juga di jadikan sebagai  tempat  proses belajar mengajar.

Adapun peserta wisuda Paud Bina Bangsa pada tahun ajaran 2019/2020 ini sebanyak 13 orang, dengan 6 orang putra dan 7 putri.

Acara wisuda perdana Paud Bina Bangsa dihadiri oleh para orang tua murid yang akan melaksanakan wisuda,para guru,Kepala Desa Buwun Mas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Tokoh Pemuda Dusun Lemer.


Acara inti dimulai dari penampilan salah seorang anak peserta didik dalam menghafalkan ayat-ayat pendek, dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Paud Bina Bangsa dan Kepala Desa Buwun Mas, serta pemberian SKTB (Surat Keterangan Tamat Belajar).

Sebagai bentuk apresiasi atas prestasi peserta didik,pihak pengelola memberikan hadiah yang nominasinya berupa capaian prestasi non akademik peserta didik selama mengikuti proses belajar mengajar di Paud Bina Bangsa.

Kepala Paud Bina Bangsa, Saparwadi Ashari,S.Pd,dalam sambutannya mengatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting menjadi pondasi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya. 
Ketua Paud Bina Bangsa,Saparwadi Ashari,S.Pd.


"Pemikiran masyarakat selama ini mengenai pendidikan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan lembaga harus diubah.Karena peran paling vital dalam perubahan sikap dan prilaku anak-anak berada di lingkungan keluarga dan masyarakat. Pendidikan di sekolah hanya 4 jam saja,dan lebih banyak mengajarkan tentang pendidikan,"ungkap Saparwadi.

Selain itu,dia juga mengisahkan perjalanan lembaga yang didirikannya ini sejak akhir tahun 2016 silam. Sempat mengalami beberapa kali vakum karena faktor tenaga pendidik yang pindah domisili karena menikah,juga karena terjadinya bencana kemanusiaan gempa lombok pada tahun 2018 silam.

Pada kesempatan tersebut,salah satu tokoh pemuda Desa Buwun Mas ini juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tamu undangan, khususnya kepada kepada orang tua murid yang sudah mempercayakan anak-anaknya menimba ilmu di lembaga yang dipimpinnya.

"Semoga kepercayaan kepada lembaga kami tetap ada dan terus meningkat di tahun-tahun berikutnya" ujarnya ketua lembaga yang akrab dipanggil upang ini sesaat setelah acara selesai.

Sementara itu, Kepala Desa Buwun Mas, Rochidi,S.IP dalam penyampaian kepada para wali murid dan masyarakat yang hadir mengatakatan bahwa dirinya memberikan apresisasi kepada pengelola dan staf pengajar Paud Tunas Bangsa yang sudah mampu mengadakan acara pelepasan peserta didik perdana di tahun 2020.

Dalam kesempatan itu, Rochidi juga mengungkapkan bahwa Perintah Desa Buwun Mas hadir dengan pembangunan 2 lokal gedung Paud dari Dana Desa Tahap I tahun 2020 yang proses pengerjaannya masih berjalan.
Kades Buwun Mas,Rochidi,S.Ip.

"Tahun ini kami dari Pemerintah Desa Buwun Mas membangunkan gedung untuk Paud Bina Bangsa Dusun Lemer, total sudah 6 gedung yang kami bangun sejak saya menjabat sebagai kepala desa.Insya Allah tahun depan agar seperti paud-paud lain, kami akan coba memasukkan APE (Alat Peraga Edukasi -Red) sebagai sarana belajar dan bermain" ujarnya. (SA)