Angka Perkawinan Tercatat Melonjak Di Musim Korona. -->

Angka Perkawinan Tercatat Melonjak Di Musim Korona.

Kim Sekotong
Sabtu, 13 Juni 2020



Meski wabah covid 19 masih belum mereda dan pasien positif makin merangkak,
namun pasangan muda-mudi,tua tambah istri ataupun yang cerai kawin lagi yang melangsungkan pernikahan,juga semakin melonjak.

Di beberapa dusun dan desa yang ada di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat,pasangan muda mudi yang melangsungkan pernikahan pada sekitar Bulan Mei-Juni,tembus puluhan orang pada.

"Ya,ada lonjakan pasangan yang mengajukan akte nikah di KUA Kecamatan Sekotong,"kata seorang pegawai KUA.

"Tingginya angka pasangan yang menikah memang setiap tahun terjadi, terutama pasca lebaran atau bulan puasa,"ucapnya.

Dengan adanya penerapan sosial distancing akibat wabah covid 19 tahun ini,ternyata juga membawa keberuntungan bagi pasangan yang akan menikah.Sebab beberapa kegiatan budaya seperti nyongkolang tidak di ijinkan.Acara pesta atau begawe pun juga di batasi pelaksanaannya.Demi mengurangi kerumunan banyak orang.

Dengan di batasinya beberapa acara budaya pernikahan di Pulau Lombok tersebut,dimana biasanya akan menghabiskan biaya jutaan rupiah.
Apakah faktor tersebut yang membuat banyaknya pasangan yang menikah di musim corona?

"Untuk acara nyongkolang yang biasanya ramai kini tidak ada,jadi cukup dengan "bejango" saja,yaitu dengan membawa beberapa anggota keluarga ke rumah mempelai perempuan," ungkap salah seorang kadus di Desa Sekotong Tengah.

Dari data catatan pernikahan di Desa Sekotong Tengah saja, terdapat 15 pasangan pengantin yang tercatat "merarik" pada bulan Mei-Juni 2020.

"Hingga bulan juni ini ada 15 pasangan pengantin yang tercatat,belum terhitung bulan sebelumnya,"kata Kasi Pelayanan Kantor Desa Sekotong Tengah.

Sementara itu angka perceraian masih tercatat masih rendah,sedangkan angka pernikahan melonjak mengikuti grafik kenaikan pasien PDP Covid 19.

Samawa juga menjadi trendik topik di berbagai lini media sosial.
Berbagai akun media sosial menulis samawa pada status fb,da di sertai foto pasangan pengantin di sertai caption "semoga langgeng sampai ajal menjemput.