Di Masjid Baitul Hamdi Desa Cendi Manik,Sholat Jum'at Di Laksanakan Sesuai Protokol Kesehatan. -->

Di Masjid Baitul Hamdi Desa Cendi Manik,Sholat Jum'at Di Laksanakan Sesuai Protokol Kesehatan.

Kim Sekotong
Sabtu, 13 Juni 2020

sebelum memasuki area Masjid Baitul Hamdi,warga di sediakan alat cuci tangan pada pelaksanan shalat jum'at.(12/06/2020).


Kimsekotong.com-Masjid Baitul Hamdi terletak di Dusun Sayong Baru Desa Cendimanik Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Pada pelaksanaan sholat jum'at (12/06/2020),umat muslim di desa ini tetap menjalankan ibadah shalat jumat di masjid  menggunakan protokol kesehatan covid 19.

Masjid yang terletak di pinggir jalan Raya Lembar-Sekotong ini, sebelumnya sempat di tutup sementara untuk kegiatan ibadah.
Namun di masa new normal,masjid ini kembali di buka sejak beberapa pekan lalu.
Pada pelaksanaan sholat jum'at kemarin,(12/06/2020).

warga yang akan melaksanakan sholat jum'at sebelum masuk di area masjid telah di siapkan tempat cuci tangan dan di bagikan masker.Selain itu  shaf juga di beri jarak atau skat, dan khotib juga membacakan  khotbahpun dengan waktu sekitar tujuh menit.

Terkait penetapan protokol kesehatan pada ibadah shalat jum'at di Masjid Baitul Hamdi,Plt.Kepala Desa Cendi Manik,Rahman,mengatakan:

"Seperti arahan pemerintah, jadi kita mulai dari Masjid Baitul Hamdi sebagai palang pintu Desa Cendi Manik, dengan standar protokol kesehatan pada ibadah shalat jum'at, agar masjid-masjid yang lain juga mengikuti.Karena ini adalah salah satu cara kita membantu pemerintah dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid 19.Dan harapan saya,masyarakat agar lebih disiplin lagi dalam hal ini,"ujar Rahman,usai sholat jum'at di Masjid Baitul Hamdi bersama camat sekotong. 


Kemudian Heri Setiawan selaku wakil ketua  BPD Desa cendi Manik menegaskan bahwa standar protokol kesehatan memang harus di ikuti oleh masyarakat yang lain, tetunya dalam ibadah-ibadah yang lain.Ia juga mengatakan hal tersebut merupakan  start yang bagus untuk pemerintah desa yang berkolaborasi dengan pihak kabupaten dan kecamatan, terkait bagaimana menanamkan kesadaran kepada masyarakat. 

"bahwa yang harus di rubah adalah mindset masyarakat,akan tetapi dengan menyiapkan fasilitas yang ada, saya rasa masyarakat akan disiplin.Dan kami juga berharap kedepan agar kegiatan semacam ini bisa di lakukan di tempat-tempat lain di luar kegiatan ibadah," kata Heri. 

Desa Cendi Manik merupakan salah satu desa yang di tunjuk oleh Polsek Sekotong pada kegiatan Lomba Kampung Sehat Produktif tahun 2020.
Dimana salah satu aspek yang di nilai adalah adanya kesadaran warga untuk menerapkan protokol kesehatan di masa new normal.(zul).