BLT DD Tahap Pertama,Telah Di Salurkan Kepada 388 KK Di Desa Sekotong Tengah -->

BLT DD Tahap Pertama,Telah Di Salurkan Kepada 388 KK Di Desa Sekotong Tengah

Kim Sekotong
Jumat, 29 Mei 2020

Kepala Desa Sekotong Tengah,Lalu Sarappudin,menyerahkan BLT DD secara simbolis di dampingi Babinsa,Babinkamtibmas dan BPD.

Kimsekotong.com-Pemerintah Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat,menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) tahap pertama yang bersumber dari Dana Desa (DD) Termin ke II,Kamis (21/5/2020).

Bantuan uang tunai sebesar Rp.600.000 tersebut di serahkan kepada 388 kepala keluarga sesuai persentase penggunaan Dana Desa,yakni sebesar 35%.
Bantuan yang di berikan kepada warga miskin terdampak corona tersebut,di serahkan secara simbolis oleh Kepala Desa Sekotong Tengah,Lalu Sarappudin,di kantor desa setempat.

"Untuk menghindari kerumunan massa sebagai upaya penerapan pyisical distancing,penyerahan bantuan selanjutnya akan di serahkan oleh satgas covid 19 bersama BPD,Babinsa dan Babinkamtibmas kepada para penerim bantuan,"kata Lalu Sarappudin. 

Lebih jauh ia menjelaskan,bahwa para penerima manfaat BLT DD di desanya merupakan warga yang memiliki kriteria miskin dan non penerima bantuan lainnya,seperti PKH,BPNT,JPS,dan BST. 

"Penetapan penerima BLT DD sudah di sepakati bersama BPD,pendamping PKH,dll pada musyawarah desa khusus yang sudah kami laksanakan beberapa minggu lalu ,"ungkapnya.

Dengan jumlah dana desa sebesar Rp.1.996.000.0000 lebih,35% atau sekitar Rp.698.0000.0000 di salurkan untuk BLT DD bagi warga miskin yang terdampak covid 19 di desa tersebut.

Sementara itu,Sekretaris Desa Sekotong Tengah,Muhamad Rasid  menyebutkan bahwa hampir sebagian besar kepala keluarga yang ada di Desa Sekotong Tengah,sudah di pastikan terkaper bantuan dari berbagai pihak. 

"Di Desa Sekotong Tengah terdapat 2.646 KK dengan 9.546 jiwa,tersisi sekitar 325 KK yang belum tersentuh oleh bantuan.Sebagian besar di antaranya adalah KK mampu,PNS,perangkat desa dan lainnya,"kata Rasid. 
Dari data yang di sampaikan oleh Sekdes Sekotong Tengah,berikut rincian KK penerima bantuan di desa tertua di Kecamatan Sekotong ini:
1.PKH 595 KK
2.BPNT 602 KK
3.JPS NTB Gemilang 54 KK
4.JPS Lombok Barat 284 KK
5.JPS Aspirasi dewan Lobar 150 KK
6.BKAD UPK Kec.Sekotong 116 KK
7.Baznas Lobar 50 KK
8.BST Kemensos 266 KK
9.BPNT Perluasan 112 KK
10.JPS Aspirasi dewan provinsi 900 KK
11.BLT DD 388 KK

Namun berdasarkan jenis bantuan tersebut,beberapa di antaranya masih berupa usulan dan dalam proses perlengkapan berkas pengusulan.
Ketua BPD Desa Sekotong Tengah,Sami'in,S.Pdi mengharapkan agar bantuan tersebut dapat sampai kepada penerima manfaat tanpa ada pogongan sepeserpun. 

"Kami dari BPD akan turun langsung bersama satgas covid 19 Desa Sekotong Tengah untuk memantau penyaluran BLT DD tersebut hingga betul betul sampai ke tangan penerima tanpa potongan,"kata Sami'in. 

Kepada para penerima manfaat BLT DD tersebut,Kades juga mengimbau kepada warga penerima untuk mematuhi protokol kesehatan dalam upaya memutus mata rantai covid 19.

"Kami menekankan kepada warga penerima manfaat yang mengambil bantuan tersebut untuk memakai masker,mencuci tangan,menghindari kerumunan dan juga mencuci tangan,"harap Mik Sarappudin.

Hadir saat kegiatan penyerahan bansos tersebut,Camat Sekotong,Kapolsek Sekotong,
Danramil,dan BPD Desa Sekotong Tengah

"Alhamdulillah,pembagian BLT DD di 5 Desa saat ini yakni Desa Sekotong Tengah,desa Kedaro,Sekotong Barat,Taman Baru,dan Gili gede Indah berjalan tertib dan lancar,"kata Camat Sekotong,Lalu Pardita Utama,SE.(sid).