iklan

Kemensos RI Salurkan BST Kepada 1.365 KK Di Sekotong,Melalui Kantor Pos

Plt.Kades Taman Baru,Saidi,S.Adm,mendampingi warganya yang melakukan pencairan BST di Kantor Pos Sekotong.Kamis (28/05/2020).


Kimsekotong.com- Sebanyak 1.365 Kepala Keluarga di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, menerima Bantuan Sosial Tunai (BST)  dari Kementrian Sosial RI.Kamis 28 Mei 2020.

Sebaran BST tersebut terdapat di 9 desa di Kecamatan Sekotong.Adapun rincian di masing masing desa sbb:
1.Desa Sekotong Tengah 256 KK
2.Desa Taman Baru 82 KK
3.Desa Buwun Mas 79 KK
4.Desa Cendi Manik 121 KK
5.Desa Sekotong Barat 283 KK
6.Desa Kedaro 46 KK
7.Desa Pelangan 293 KK
8.Desa Gili Gede Indah 30 KK
9.Desa Batu Putih 175 KK

Kepala Kantor Pos Sekotong I Nyoman Gara menjelaskan,bahwa pihaknya di tuntut untuk segera mencairkan dana BST tersebut,sebelum tanggal 31 Mei 2020.

"Sebenarnya kami sudah susun jadwal hingga minggu 31 Mei 2020,tetapi karena dari Kemensos menuntut pencairan sebelum tanggal 31 Mei.Jadi kami siap untuk mengikuti apa yang di harapkan oleh Kemensos RI,"kata Nyoman Gara di kantornya.
 
Selain itu,pihak pos sekotong juga memberikan pelayanan penuh terhadap pencairan BST tersebut di wilayah kerjanya. 

"Untuk pelayanan jasa pos lainnya,untuk sementara kami tutup dulu,karena kami ingin fokuskan pada pelayanan BST,"ujarnya. 

Demi untuk selesainya pencairan BST sesuai waktu yang di tentukan,pihak pos sekotong membuka pelayanan hingga petang. 
Kepala Kantor Pos Sekotong,I Nyoman Gara sedang melayani warga yang mencairkan BST hingga petang. 
Adapun syarat yang di bawa adalah KTP/KK asli sesuai yang tercantum pada kartu penerima dan tidak boleh di wakilkan.Selain itu,penerima juga wajib menggunakan masker sesuai protokol kesehatan covid 19.

Karena wilayah geografis Kecamatan Sekotong yang begitu luas,pihak pos sekotong juga berencana untuk membagikan BST ke kantor desa. 

"Untuk wilayah desa yang cukup jauh dari kantor pos,seperti Desa Pelangan,Batu Putih,Gili Gede Indah,Kedaro,Buwun Mas,akan kami cairkan di kantor desa masing masing," ucap pria yang baru menjabat sejak tahun 2018 tersebut. 

Bantuan Sosial Tunai tahap pertama sebesar Rp.600.000 untuk setiap penerima manfaat.Di berikan secara tunai kepada setiap warga masyarakat yang terdampak covid 19, sesuai data yang di terima dari Kementrian Sosial. 

"Untuk tahap kedua,apakah akan ada atau tidak,tergantung dari Kemensos.Kalau di perintahkan bayar,ya kami bayar.Pasti ada surat pemberitahuan yang masuk,"kata Gara. 

Warga penerima manfaat BST tersebut di harapkan tidak ada yang dobel dengan bantuan lainnya,terlebih BLT yang bersumber dari Dana Desa.

"Kalau ada penerima BST yang dobel,kami sudah perintahkan kadus untuk segera mengevaluasi data BLT DD,untuk dilakukan penggantian dengan cara menggelar musdes,"kata Lalu Sarappudin,Kepala Desa Sekotong Tengah. 

"Jangan lupa di buatkan berita acara penggantian sasarannya juga,"tambah Hesti Hapsari,TA Kabupaten Lombok Barat.

Hal senada juga di sampaikan oleh salah seorang Kasi di DPMD Lombok Barat,Maryuki.

"Mohon untuk diverval ulang daftar penerima jps jika dobel,maka ada salah satu data yang harus diganti karena rohnya jps itu pemerataan.Sehingga tidak boleh dobel baik itu BLT DD, BST, Atau JPS lainnya,"tulis Maryuki di grup WA Kecamatan Sekotong.(sid).

Belum ada Komentar untuk "Kemensos RI Salurkan BST Kepada 1.365 KK Di Sekotong,Melalui Kantor Pos"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel