Tanaman Obat Keluarga (Toga),Solusi Murah Tangkal Virus Corona. -->

Tanaman Obat Keluarga (Toga),Solusi Murah Tangkal Virus Corona.

Kim Sekotong
Selasa, 03 Maret 2020


Pemerintah dalam hal ini Kementrian Kesehatan telah lama menganjurkan agar setiap pekarangan rumah di jadikan pusat tanaman obat keluarga.

Sebab salah satu strategi pembangunan kesehatan adalah mendorong masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri melalui asuhan mandiri.

Asuhan mandiri (Asman) adalah upaya masyarakat untuk memelihara kesehatannya dan mengatasi masalah kesehatan ringan secara mandiri  dengan memanfaatkan TOGA (taman obat keluarga) dan ketrampilan akupresur.

TOGA merupakan sekumpulan tanaman berkhasiat obat yang ditanam di pekarangan rumah dan diramu untuk memelihara kesehatan keluarga. Akupresur adalah ketrampilan yang dilakukan dengan melakukan penekanan/pemijatan di titik-titik akupunktur pada permukaan tubuh dengan menggunakan ujung jari atau alat bantu lain untuk perawatan kesehatan.

Pemanfaatan pengobatan tradisional telah lama diterapkan oleh masyarakat Indonesia secara turun-temurun. Sebanyak 30,4% masyarakat Indonesia telah memanfaatkan penyehatan tradisional.

Peraturan Pemerintah  nomor 103 tahun 2014 mengamanatkan bahwa masyarakat diharapkan dapat melakukan perawatan kesehatan secara mandiri dan benar.

Pemanfaatan tanaman obat keluarga (Toga) dan akupresur merupakan modal utama yang harus dimiliki oleh kader asman. Toga merupakan sumber obat yang mudah, murah, dan aman digunakan untuk mengurangi gejala penyakit-penyakit ringan. Sedangkan ketrampilan akupresur diperlukan karena aman dan mudah dilakukan oleh sendiri oleh masyarakat.

Keberadaan tanaman obat keluarga saat ini ternyata sangat di perlukan di tengah mewabahnya virus corina secara global.
Sebab di dalam kelompok asuhan mandiri akupresur (Asmantosur)memiliki aneka tanaman obat yang di gunakan untuk menyembuhkan beragam penyakit.Salah satunya adalah penyakit yang di tularkan melalui covid-19.

Sebagaimana yang di sarankan oleh Prof.Dr. Chairul Anwar Nidom, Guru Besar Biologi Molekular Universitas Airlangga
(Unair) Surabaya ini bisa Anda coba. Yakni, dengan rutin mengkonsumsi empon-empon atau rempah-rempah tradisional.

Kepada media, Prof Chairul Anwar Nidom mengatakan, bahwa empon-empon bisa menjadi penangkal ampuh virus Corona atau Covid-19.
Berdasar penelitian yang dilakukannya, kandungan dalam rempah rempah seperti kunyit,jahe,lengkuas,dll, tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan imunitas.