Lalu Ahmad Ismail,Dorong Pelaku Wisata Di Sekotong,Kembangkan Wisata Budaya. -->

Lalu Ahmad Ismail,Dorong Pelaku Wisata Di Sekotong,Kembangkan Wisata Budaya.

Kim Sekotong
Jumat, 06 Maret 2020


Lalu Ahmad Ismail,SH,anggota DPRD Provinsi NTB Dapil Lombok Barat-KLU,mendorong agar para pelaku wisata di Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat,untuk mengembangkan wisata berbasis budaya di sekotong.

"Ya,kita semua berharap agar para pelaku wisata di sekotong turut mengembangkan wisata budaya .Sebab,wisata berbasis budaya seperti pembacaan takepan,
Selakaran,zikir zaman,peresean,dll, merupakan salah satu atraksi budaya selain wisata alam,"kata Lalu Ahmad Ismail,ketika berbincang dengan KIM Sekotong, saat menghadiri pemakaman salah seorang warga di Sekotong.Kamis (05/03/2020).

Politisi muda Partai Golkar ini juga menyebutkan,bahwa pariwisata alam di sekotong secara bertahap sudah mengalamai banyak perubahan.Hal tersebut menurutnya,terlihat dari di bukanya berbagai lokasi wisata baru di sekotong.Beberapa antaranya seperti Ekowisata Mangrove Bagek Kembar,
Mangrove Tanjung Batu,Buwun Mas Hill,dll,Di samping destinasi wisata yang sudah lebih dulu terkenal seperti Gita Nada,Mekaki,Elak-Elak,Nambung,dll.

"Dengan adanya wisata budaya,tentu akan semakin menambah keragaman destinasi wisata yang ada di sekotong,"ungkap anggota komisi IV DPRD Provinsi NTB tersebut.
"Tiang di Komisi IV yang bukan membidangi pariwisata.Walaupun demikian,tiang akan mendorong kawan kawan di komisi yang membidangi pariwisata dan juga instansi terkait,agar membantu mengembangkan pariwisata berbasis budaya di Sekotong dan Lombok Barat pada umumnya,"ujar politisi udayana asal Kecamatan Sekotong yang akrab di sapa Mamik Bajang ini.

"Tiang siap mensuport jika ada pembinaan yang akan dilakukan terkait pengembangan wisata budaya tersebut,"tutupnya.

Sementara itu,berdasarkan data kelompok sanggar seni kecamatan sekotong,terdapat beberapa kelompok kesenian yang terdapat di beberapa desa, seperti gendang beleq, jaran kamput, paguyuban peresean di Desa Cendi Manik,pembayun dan grup zikir zaman di Desa Sekotong Tengah,serta kelompok drama cupak gurantang di Sekotong Barat yang hampir punah,dll.

Menanggapi harapan Lalu Ahmad Ismail tersebut,salah seorang pelaku wisata Kecamatan Sekotong,H.Abdul Majid mengatakan sangat mendukung.
"Budaya itu termasuk ke dalam atraksi pariwisata.Keberdaan budaya sangat penting dalam pariwisata,karena kita ambil contoh pariwisata di Bali yang mampu berkesinambungan,karena di dukung oleh atraksi budaya.Dan kita di Lombok Barat dalam hal atraksi budaya ini masih kosong,"ungkap H.Majid yang juga merupakan anggota DPRD Lombok Barat Dapil Sekotong Lembar ini,melalui pesan singkatnya.